ShoutMix chat widget

Peluang Bisnis Baru Telkom dengan Blue Ocean

JAKARTA - Telkom mendorong peningkatan peranan masing-masing anak-anak perusahaan untuk mendapatkan value synergy untuk mendapatkan revenue dari customer di luar Telkom Group.

Maka bisnis Telkom tidak lagi sebatas telekomunikasi dan informasi/fixed, mobile dan multimedia (FMM) tetapi juga telecommunication, information, media dan edutainment (TIME). Telkom pun turut mengakuisis beberapa perusahaan.

Akuisisi yang dilakukan antara lain pada 2008 mengakuisisi PT. Sigma Citra Caraka yang bergerak di bidang IT services, PT. AdMedika untuk e-health, Mojopia untuk e-commerce, content and communication dan paling akhir adalah membuat perusahaan patungan PT. Melon Indonesia bekerja sama dengan SK Telecomm (Korea Selatan) untuk pengembangan musik digital.

Tujuan yang ingin dicapai dengan akuisisi tersebut menciptakan peluang bisnis baru (blue ocean) yang pertumbuhannya masih tinggi terutama new wave business dengan basis IME sedangkan legacy business dengan basis telekomunikasi, tetap dipertahankan pertumbuhannya dan tetap menjadi cash cow Telkom.

“Langkah untuk menjadi perusahaan TIME terbesar di Indonesia, antara lain dengan melakukan akuisisi perusahaan yang bergerak di bidang IME (Information, Multimedia dan Edutainment),” jelas Head of Corporate Communication & Affair, Eddy Kurnia, seperti dilansir melalui keterangannya, Senin (25/4/2011).

Upaya-upaya lain untuk mendukung pertumbuhan bisnis TIME adalah membangun infrastruktur, meningkatkan pelayanan dan mempercepat penetrasi layanan broadband access Speedy dan lainnya. Kontribusi new waves business terhadap keseluruhan revenue Telkom saat ini sekitar 15-20 persen dan kecenderungannya terus meningkat. (tyo)

Source : okezone

0 Comments: