ShoutMix chat widget

Bapak CD Sony Meninggal Dunia

Norio Ohga (Foto: Reuters)


TOKYO - Mantan presiden & chairman Sony yang berkontribusi besar dalam pengembangan compact disc (CD), Norio Ohga, meninggal dunia di usia 81 Sabtu waktu setempat akibat beberapa organ tubuhnya yang tidak lagi berfungsi.

Ketika masih remaja, Ohga pernah menulis surat kepada Sony mengeluhkan kualitas tape recorder mereka. Hal itu kemudian mendorong Sony merekrut Ohga, yang di kemudian hari mengubah perusahaan elektronik tersebut jadi raksasa software dan hiburan dunia.

Menjabat sebagai presiden dan chairman Sony pada 1982 hingga 1995, Ohga memanfaatkan kecintaannya kepada musik untuk mengembangkan CD. Ohga berkeras untuk mendesain CD dengan diameter 12 centimeter dan mampu menyimpan musik berdurasi 75 menit, sehingga dapat memainkan karya Beethoven Symphony No 9 secara utuh. Demikian sebagaimana dilansir Yahoo News, Minggu (24/4/2011).

Sejak awal, Ohga menyadari jika kualitas suara CD akan menjadikan teknologi ini mendunia. Di tahun 1970-an, ketika Ohga mengklaim CD akan menggantikan piringan hitam di kemudian hari, banyak pihak meremehkan keyakinannya.

Namun sejak Sony menjual CD pertama pada 1982, penjualan CD segera mengungguli penjualan piringan hitam hanya dalam kurun lima tahun.
(van)

Source : okezone

0 Comments: