ShoutMix chat widget

Jadi Ancaman Nasional Rusia, Gmail Bakal diBlokir ?

Logo Gmail



MOSKOW - Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) berencana agar melarang sejumlah layanan internet, sepertu Skype, Hotmail dan Gmail di negara bekas komunis tersebut. Apa alasannya?

FSB mengusulkan larangan pada situs-situs email dan Skype karena menganggap penggunaan layanan tersebut dapat tidak terkendali, serta dapat menjadi ancaman bagi keamanan nasional.

Meskipun secara resmi tidak mengakui larangan tersebut, kepala informasi dan pusat layanan komunikasi khusus, Alexander Andreyechkin, menyarankan larangan yang nampaknya akan menuai kontroversial tersebut.

"Penggunaan yang tidak terkendali dari layanan ini dapat mengakibatkan ancaman besar untuk keamanan Rusia," kata Andreyechkin, seperti dilansir AFP, Senin (11/4/2011).

Andreyechkin tampaknya menyatakan bahwa Skype dan layanan surat elektronik merupakan ancaman keamanan karena mereka menggunakan server di luar Rusia untuk mengontrol lalu lintas internet dan karena itu dapat dimanfaatkan oleh organisasi-organisasi ekstremis.

Sementara itu, wakil menteri komunikasi Ilya Massukh sejauh ini tengah merekomendasikan untuk mengatur penggunaan teknologi enkripsi massa.

FSB yang diusulkan untuk melarang layanan tersebut karena "otoritas keamanan tidak bisa mengaksesnya," kata Massukh.

Namun demikian, pemerintah Rusia mengklarifikasi bahwa pernyataan Andreyechkin adalah "pendapatnya sendiri dan tidak mencerminkan kebijakan pemerintah mengenai pengembangan Internet."

Menteri Komunikasi Igor Shchegolev berbicara atas nama pemerintah, mengatakan Moskow tidak berencana untuk memblokir Skype, Gmail, Hotmail atau layanan asing lainnya yang bekerja di Rusia.
(tyo)

Source: okezone

0 Comments: