ShoutMix chat widget

ARM Siap di tumbangkan Intel Oak Trail



Salah satu chip Intel
Salah satu chip Intel

BEIJING - Dalam waktu tak lama lagi, Intel akan melakukan debutnya agar menghadirkan chip terbaru yang diperuntukkan untuk perangkat mobile di acar Forum Developer di Beijing, China.

Sejumlah vendor terkemuka termasuk Lenovo, Fujitsu dan Razer sudah mendapuk prosesor Z670, yang sebelumnya diberi kode "Oak Trail", sebagai chip di berbagai tablet dan perangkat hibrida mereka.

Menurut Intel exec Doug Davis, Oak Trail menawarkan perbaikan untuk pemutaran video (1080p/HDMI), browsing Internet lebih cepat dan umur baterai yang lebih lama, semua tanpa mengorbankan kinerja.

Oak Trail juga menawarkan dukungan untuk sistem operasi, termasuk Android, MeeGo dan Windows.

"Z670 membantu memberikan perangkat efisien yang lebih kecil, lebih tipis dan lebih lagi dengan kemasan grafis terintegrasi dan memory controller langsung ke prosesor," jelas Davis, seperti dilansir TG Daily, Selasa (12/4/2011).

"Chip ini adalah 60 persen lebih kecil dari generasi sebelumnya dengan desain yang lebih rendah daya untuk perangkat tanpa kipas & mampu melakukan fitur power saving selama periode tertentu," tegasnya.

Ya, Z670 akan menjadi penantang serius bagi ARM di ranah mobile, yang selama ini memang menjadi sesuatu yang belum dipatahkan dominasinya.

Analis industri Rob Enderle berpendapat Oak Trail saat ini merupakan "kesempatan terbaik" Intel mengambil posisi ARM dengan cara bersaing.

"ARM memiliki posisi yang baik di smartphone dan pasar tablet baru, dengan Intel menampilkan sedikit keberhasilan di wilayah tersebut. Di samping itu, dengan pengumuman Microsoft untuk pindah ke ARM untuk Windows dan meningkatkan percobaan ARM untuk server, pasar sIntel semakin berisiko," kata Enderle.

"Jelas, Oak Trail adalah kesempatan terbaik Intel untuk menopang hantaman ARM," sebutnya.

Enderle juga menekankan bahwa untuk "melawan" secara efektif melawan ARM kemungkinan akan membutuhkan sumber daya gabungan dari semua vendor berbasis arsitektur X86.
(tyo)

Source : okezone.com

0 Comments: