ShoutMix chat widget

Web Forum Al Qaeda Dibajak


Ilustrasi Hacker (sumber : Google)
WASHINGTON - Sebuah forum internet jihad populer 'al-Shamukh' tiba-tiba hilang dari dunia maya. Para ahli anti terorisme mengatakan bisa jadi forum itu dibajak.

Analis cybersecurity mensinyalir forum al-Shamukh telah dibongkar oleh serangan cyber yang cukup canggih yang melanda tidak hanya situs web, tetapi juga server yang merupakan komputer utama yang memungkinkan orang untuk mengakses situs melalui Internet.

Evan Kohlmann, seorang ahli anti terorisme yang melacak situs jihad sebagai mitra senior konsultan mitra Flashpoint di New York, menggambarkan situs sebagai kunci forum al-Qaeda untuk melakukan propaganda.

"Situs-situs bisa digunakan seperti satelit mata-mata, ini merupakan cara yang bagus untuk mengumpulkan informasi tentang musuh Anda," kata Kohlmann dalam sebuah wawancara sebagaimana dikutip CBS News, Jumat (1/7/2011).

Pakar cyber lainnya pun mengamini bahwa situs tersebut adalah forum jihad populer. "Situs al-Shamukh telah menjadi forum paling dipercaya dan eksklusif bagi pelaku e-jihad," kata Jarret Brachman, pakar terorisme yang telah menghabiskan satu dekade memantau operasi media al Qaeda & menjadi penasehat pemerintah Amerika Serikat (AS).

Jika benar, ini bukan menjadi yang pertama kalinya para pejabat pemerintah AS menyabotase sebuah situs Al Qaeda. Para pejabat AS dan Inggris telah mengakui bahwa pihak berwenang yaitu intelijen Inggris telah meluncurkan serangan cyber menggunakan bahasa Inggris pada majalah Internet Al Qaeda, Inspire, mencatat petunjuk untuk pembuatan bom dan menggantinya dengan resep cupcake.

Brachman menambahkan, "AS diyakini lebih produktif untuk mengawasi situs dan mengumpulkan intelijen dari situs itu."

Source: okezone
Blog Advertising

0 Comments: