ShoutMix chat widget

Rustock Ditutup, Spam Berkurang 13 Miliar per Hari

 
CALIFORNIA - Penutupan jaringan spam raksasa Rustock berhasil mengurangi sepertiga volume junk mail di seluruh dunia. Demikian klaim MessageLabs seperti dilansir The Register, Rabu (30/3/2011).

Microsoft dan biro federal Amerika Serikat (FBI) memimpin penyerbuan untuk menutup Rustock pada 17 Maret lalu. Rustock dituduh bertanggung jawab atas 13,82 miliar spam setiap harinya. Mayoritas spam itu merupakan iklan untuk situs farmasi yang tidak memiliki izin.

Pada penggerebekan itu, Microsoft dan FBI berhasil menutup tujuh fasilitas hosting Rustock di seluruh wilayah AS dan menyita server yang menjalankan jaringan mereka.

Tidak butuh waktu lama untuk mengetahui efek positif dari penutupan Rustock. Saat ini jumlah spam global berkurang menjadi 33 miliar email per hari dibandingkan pekan sebelumnya yang mencapai 52 miliar.

Namun agaknya masih terlalu dini untuk merasa gembira. Pasalnya muncul botnet-botnet lain yang siap menggantikan posisi Rustock. Bahkan kini Bagle menggeser Rustock sebagai sumber junk mail terbesar.

Padahal tahun lalu Bagle bahkan tidak cukup membahayakan untuk muncul dalam daftar 10 sumber spam terburuk versi Symantec. Namun saat ini Bagle menjadi ancaman yang tidak bisa diabaikan dengan total 8,31 miliar email spam per hari.
(srn)

dikutip dari okezone
 

0 Comments: