Cafe Bisnis Online
Popular 1:1 Traffic Exchange

ShoutMix chat widget

Cara menginstall Windows XP

  1. Sebelum Menginstall Windows XP, siapkan CD OS Windows XP terlebih dahulu kemudian masukkan ke CDROM / DVDROM. Lalu restart komputer anda, lalu tekan tombol Delete pada keybord agar kamu dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard.
  2. Lalu anda akan berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar.


  1. Setelah itu ubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +/- di keyboard. Lalu tekan F10 untuk keluar dan menyimpan konfigurasi.


  1. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan “Press Any Key To Boot From CD”lalu tekan sembarang tombol dengan cepat. Kemudian akan muncul gambar di bawah ini




  1. Setelah pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.
  2. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.


  1. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan C lalu Enter untuk membuat partisi baru pada harddisk. Masukkan kapasitas partisi yang ingin anda buat sesuai keperluan (dalam satuan MB). Untuk menghapus partisi dengan cara menekan tombol D lalu L untuk lanjut.



  1. Setelah itu tekan Enter untuk melakukan proses instalasi, arahkan pada partisi C:/ , setelah itu anda akan masuk format partisi C:/ , pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter. Kemudian partisi akan diformat terlebih dahulu, kemudian file akan di copy. Setelah selesai computer akan merestart.





  1. Setelah merestart akan muncul tampilan “Press Any Key To Boot From CD”. Untuk kali ini, jangan menekan tombol apapun, karena dapat mengulangi proses instalasi dari awal.


  1. Bila sudah, akan tampil gambar seperti ini.


  1. Setelah itu, Windows akan mengcopy file-file ke harddisk Anda.


  1. Setelah itu anda akan sampai pada layar berikut yang berisi “Regional and Language Option” klik tombol “Customize” Untuk memilih Negara, bahasa, dan lainnya. Jika sudah klik Next.


  1. Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Anda kemudian tekan Next.


  1. Disini Kamu akan mengisikan Product Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next.


  1. Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.


  1. Setelah itu akan muncul tampilan mengenai “Date and Time Settings” atur waktu dan zona area anda dengan tepat. Klik Next.


  1. Kemudian anda masuk pada pengaturan mengenai “Networking Settings”, akan tampilan dua pilihan. Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual. Pilih salah satu, lalu klik Next.


  1. Bila anda terhubung pada jaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.


  1. Kemudian, Anda telah sampai pada tahap Finalizing Installation, dimana Windows akan menginstall start menu icons, mergister component, menyimpan setting dan terakhir akan membuang file temporary yang tadi digunakan.
  2. Kemudian, computer akan merestart kembali. Sekali lagi muncul tampilan ”Press Any Key To Boot From CD”, sekali lagi jangan menekan tombol apapun, karena akan membuat anda melakukan instalasi dari awal. Kemudian secara otomatis muncul tampilan logo windows.


  1. Pertama kali Windows di load,Windows akan mengatur resolusi monitor Anda. Klik OK.


  1. Windows akan menerima settingan komputer Anda (apply the computer setting) silahkan tunggu beberapa saat.
  2. Kemudian, muncul “Welcome To Microsoft Windows”. Klik Next.


  1. Selanjutnya Anda akan diminta mengaktifkan firewall dan update otomatis. Untuk sementara waktu pilih Not right now, lalu klik Next.


  1. Selanjutnya Windows akan menanyakan siapa saja yang menggunakan computer. Masukkan user. Lalu Next.


  1. Selanjutnya akan muncul ucapan Thank You dan Welcome.



  1. Sekarang Anda telah berhasil menginstall Windows XP.